Follow by Email

Selasa, 13 Maret 2012

KENAIKAN BBM

PEMERINTAH SIAPKAN PENYALURAN KONPENSASI BBM
JAKARTA, RABU 14 MARET 2012

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah sedang mempersiapkan penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebagai kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang rencananya dimulai 1 April mendatang.
"Pemerintah sudah siap, bahkan jika data penerima BLSM diserahkan kita siap untuk menverifikasi," kata Direktur Jaminan Sosial Kementerian Sosial Edi Suharto saat dihubungi di Jakarta, Rabu.
Kementerian Sosial pada Rabu siang mulai menerima data penerima BLSM dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.
Data itu meliputi data penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang mencapai 30 persen dari jumlah penduduk termiskin di tanah air.
"Semua data diverifikasi lagi meskipun data penerima BLSM tidak persis sama 30 persen dengan peserta PKH," kata Edi.
Meski peserta PKH sudah mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial, mereka tetap mendapat BLSM karena mereka termasuk keluarga sangat miskin, yang paling merasakan dampak kenaikan harga BBM.
Edi menambahkan, Kementerian Sosial dan PT Pos Indonesia sudah mencetak kartu penerima BLSM untuk satu juta keluarga miskin daerah perkotaan yang lebih mudah terjangkau supaya begitu harga BBM mulai dinaikkan bantuan langsung bisa disalurkan.
Pemerintah sudah mengalokasikan anggaran BLSM sekitar Rp25 triliun untuk sebanyak 18 juta penduduk miskin selama sembilan bulan. Bantuan sebesar Rp150.000 untuk setiap keluarga miskin penerima akan dibayarkan tiga bulan sekali. (D016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar